https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL TASBIH DI BAWAH LANGIT KARYA SANJAYMARA KARNATA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA | Bagiya | SURYA BAHTERA

NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL TASBIH DI BAWAH LANGIT KARYA SANJAYMARA KARNATA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Rizki Adisetia Yunus Suryo Bagiya

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Tasbih di Bawah Langit Karya Sanjaymara Karnata; (2) nilai Religius dalam novel Tasbih di Bawah Langit Karya Sanjaymara Karnata; (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius dalam novel Tasbih di Bawah Langit Karya Sanjaymara Karnata di Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai religius dalam novel Tasbih di Bawah Langit dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini novel Tasbih di Bawah Langit karya Sanjaymara Karnata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan analisis isi. Dari hasil penelitian ini disimpulkan. Pertama, unsur intrinsik  novel Tasbih di Bawah Langit, yaitu (a) tema novel ini yaitu, Perjuangan mempertahankan kerajaan dan membersihkan paham sekuler eropa, (b) tokoh utama: Wiralodra, sedangkan tokoh tambahannya adalah Ki Tinggil, Ratna Gumilang, Tanu Jiwa, Fadhila Khan, Tana, dan Tani, (c) alur yang digunakan adalah alur lurus, (d) latar dibagi menjadi 2 yaitu latar tempat: pendopo, bilik santri,  masjid, kampung pecinan, pelabuhan, dan kedai makan, latar waktu pagi, siang dan malam hari, (e) amanat yang disampaikan adalah jangan pernah takut berjuang membela kerajaan dan berpegang teguhlah dalam menegakkan akidah agama Islam. Kedua, nilai religius dalam novel Tasbih di Bawah Langit ada 14 yaitu: wudu, dzikir, membaca Alquran, menutup aurat, yakin terhadap Allah, berdoa, menahan hawa nafsu, shalat fardu, shalat sunah, bertasbih, memperbaiki niat, berani, dan shalat berjamaah. Ketiga, skenario pembelajaran novel Tasbih di Bawah Langit di kelas XI SMA dilakukan dengan tahap pendahuluan guru mengkondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pelajaran yang akan disampaikan, lalu pada tahap inti guru menerangkan materi tentang unsur-unsur intrinsik dan nilai religius, kemudian guru meminta para siswa untuk mendiskusikannya, dalam tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran sastra yang terdapat dalam novel untuk membangun karakter siswa.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai religius novel, skenario pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.